PENERAPAN IT DI BIDANG INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR,TRAILER,DAN SEMI TRAILER

PENERAPAN IT DI BIDANG INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR,TRAILER,DAN SEMI TRAILER

Kendaraan bermotor merupakan salah satu industri pertama yang menggunakan robot yang diatur oleh komputer dalam produksinya. Dalam rangka meningkatkan produktivitas dan penurunan biaya, pelaku industri merasa perlu untuk mengganti pekerja dengan mesin yang diatur oleh komputer. Sejak saat itu penggunaan IT telah menyebar luas di semua bagian dari manufaktur mulai dari proses perancangan, produksi, sampai pemasaran.

  • PROSES PERANCANGAN

Proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD). Gunanya, agar produk yang diinginkan dapat dirancang secara cepat, mudah, dan memiliki ketepatan tinggi. Sebagai contoh, untuk menggambar bentuk desain mobil dibutuhkan waktu yang lama dan relatif sulit apabila dilakukan secara manual. Akan tetapi, dengan program CAD (misalnya, AutoCad) semua itu dapat teratasi. Bahkan, program ini dapat menggambarkan bentuk nyata sebuah desain mobil dilihat dari berbagai sudut (3 dimensi). Bahkan, ujicoba ketahanan kendaraan dapat dilakukan dan di simulasikan dengan komputer. Tugas-tugas ini akan membutuhkan jumlah pekerja yang sangat banyak jika dilakukan tanpa bantuin sistem komputer terintegrasi.

Selain itu, dengan perancangan yang sudah berbentuk digital maka sangat mudah dan cepat untuk di distribusikan ke seluruh pusat produksi yang akhirnya berdampak pada kecepatan produksi itu sendiri.

  • PRODUKSI

Pada tahap produksi, semua perusahaan otomotif menggunakan robot yang dikendalikan oleh komputer dengan program Computer Numerical Control (CNC) dan Computer Aided Manufacture (CAM) karena memiliki kecepatan, kemampuan dan ketelitian yang lebih tinggi.

  • PEMASARAN

Kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dengan adanya internet. Hampir semua pelaku industri otomotif memiliki website resmi yang terbukti ampuh sebagai media pemasaran. Kemudahan memasang iklan dan penyebaran informasi produk mengakibatkan tingginya minat konsumen Ini menjadi faktor utama yang mendukung industri ini untuk berkembang. Internet juga menjadi media yang sangat berguna untuk mengetahui trend yang ada sehingga menguntungkan baik dari sisi pengusaha (dapat meningkatkan daya saing) maupun dari sisi konsumen (mendapatkan informasi teknologi terbaru).

 

PERKEMBANGAN IT DI BIDANG INDUSTRI KENDARAAN BERMOTOR,TRAILER,DAN SEMI TRAILER

1. PENGONTROL  JARAK

Teknologi maju pada otomotif juga dimaksudkan untuk mengamankan penumpang di dalamnya bila terjadi tabrakan. Mercedes Benz dan Toyota sudah memasang sistem pengontrol jarak.

Dengan demikian pengemudi dapat menentukan, berapa jarak yang diinginkan dari mobil yang ada di depannya. Komputer akan mengatur untuk mengurangi kecepatan hingga mendekati limit jarak yang diinginkan. Peralatan ini juga sudah banyak dipasang, untuk keperluan parkir. Bila Toyota menggunakan sistem sinar laser, Mercedes Benz menggunakan sistem radar.

 

2. STABILITAS ELEKTRONIK

DaimlerChrysler, General Motor, dan BMW, sudah menggunakan sistem stabilitas elektronik, yang membuat mobil tetap stabil meski kemudi dibanting ke kiri atau ke kanan guna menghindari orang menyeberang atau hewan yang melintas secara tiba-tiba.

Sistem sensor pada roda dan kemudi, akan mengirim sinyal ke komputer, dan komputer akan mengatur rem agar putaran roda tidak tergelincir dan pengemudi tetap dapat mengendalikan kendaraannya.

Bila temuan ini digabungkan dengan sistem radar atau sinar laser, maka sistem ini bisa mengambil alih peran sopir dari roda kemudi. Sehingga pengemudi bisa tidur dan membiarkan mobil berjalan sendiri. Digunakannya sinar laser atau radar, akan menghindarkan kendaraan dari tabrakan. Seluruh kendali akan diambil alih komputer, seperti mengerem, mengurangi kecepatan, dan menghindar sendiri bila ada dari samping tiba-tiba ada orang menyeberang.

 

3. AVL (AUTOMATIC VEHICLE LOCATION)

Kini produsen otomotif mengembangkan AVL (automatic vehicle location) yang menggunakan fasilitas Global Positioning System (GPS). Teknologi AVL sudah banyak digunakan pada mobil di Eropa, Jepang, dan Amerika, amat bermanfaat untuk mencari alamat rumah atau membelokkan mobil mencari jalan alternatif menghindari kemacetan.

Sebuah sistem telematik yang dihubungkan dengan satelit, akan memu-dahkan seseorang menemukan lokasi di darat. Untuk menggunakan teknologi ini, mobil harus dilengkapi alat penerima sinyal dan peta standar yang ditampilkan di layar monitor komputer.

Selain itu, AVL juga memiliki memori yang bisa membantu pengemudi yang belum mengenal lokasi. Bila melalui daerah yang belum diketahui, penge-mudi bisa menyimpan datanya hanya dengan menekan tombol. Nantinya, data itu akan dapat digunakan orang lain yang belum pernah mendatangi lokasi itu.

4.TRAKTOR ROBOT

Di antara alat mesin pertanian, yang paling cocok untuk penerapan teknologi nirawak adalah trakor karena beban kerja sepanjang musim, mulai dari pengolahan hingga pemanenan. Dengan berkurangnya tenaga kerja dan usia petani yang semakin lanjut serta keengganan tenaga muda untuk kerja di sawah, traktor nirawak adalah solusi permasalahan tenaga kerja yang paling cocok.

Pengembangan alat mesin pertanian seperti mesin penanam padi dan mesin panen kombinasi nirawak saat ini sedang direncanakan. Jika kami dapat memberikan kecepatan, keamanan dan akurasi kerja tambahan ke dunia pertanian, maka profesi di dunia tersebut akan lebih menarik.

  • Kelebihan Traktor Robot
  1. Teknologi nirawak, satu orang dapat mengoperasikan dua traktor secara bersamaan. Sensor di traktor dapat mengenali gangguan di lapangan sehingga dapat mencegah kecelakaan.
  2. Komputer tablet antarmuka sedang dikembangkan.
  3. Unit kontrol mesin (ECU) secara otomatis mengoptimalkan kecepatan mesin dan jalan tegantung dari kondisi lapangan.
  4. Kamera di kokpit memungkinan operator untuk memantau operasi melalui komputer tablet.
  5. Sebagai tambahan untuk GPS, traktor robot juga mengirimkan telemetri ke pusat operasi untuk memberikan lebih detil informasi posisi traktor.
  6. Kabin yang luas bukan hanya menarik untuk dilihat, tetapi juga menyediakan ruang pandang luas dan kenyamanan kerja kelas tinggi.

 

5. Remote Kunci Mobil Berlayar Sentuh

Selain berfungsi layaknya sebuah kunci mobil biasa, remote kunci mobil ini juga dapat menampilkan informasi sisa bahan bakar dan daya tahan baterai mobil.

Remote kunci mobil terbaru ini dilengkapi dengan layar LCD berukuran 2,2 inci. Selain informasi sisa bahan bakar dan daya tahan baterai mobil, layar ini juga bisa menampilkan informasi lainnya, termasuk apakah pintu atau jendela telah tertutup saat mobil terkunci.

Daya remote kunci mobil tersebut ditopang oleh baterai lithium-ion mungil yang dapat diisi ulang secara nirkabel di dalam mobil.

SUMBER:

https://subaridargombez.wordpress.com/2008/02/16/perkembangan-dunia-it-pada-bidang-otomotif/

https://www.yanmar.com/id/technology/robotics.html

https://edwardfinnegan.wordpress.com/2012/12/16/pemanfaatan-ict-pada-bidang-industri-khususnya-industri-otomotif/

http://teknologi.inilah.com/read/detail/2168766/bmw-perkenalkan-remote-kunci-mobil-berlayar-sentuh

Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :