Akibat Mengunduh Aplikasi Illegal

Saya akan sedikit bercerita pengalam pribadi saya akibat mengunduh dan menginstal aplikasi illegal dari internet. Berawal dari kegemaran saya bermain game the sims 4, saya sering sekali mengunduh custom content (istilah dalam sims 4) di situs dan blog. Saya juga sering mengunduh secara gratis torrent update game di situs yang saya sendiri tidak mengetahui keamanannya. Setelah beberapa hari,saya merasa laptop saya berjalan sangat lambat. Bahkan pergerakan cursor saja terasa sangat lambat. Setelah saya lihat di task manager CPU Udage saya berada dikisaran angka 90-100% padahal saya tidak membuka aplikasi apapun di laptop saya.

Karena merasa ada yang salah, saya mencari solusi di google. Setelah membaca beberapa tulisan dari blog saya mengira mungkin aplikasi background di laptop saya adalah penyebabnya. Lalu saya menghentikan beberapa aplikasi background yang sedang berjalan dan menghapus beberapa aplikasi yang jarang saya pakai. Tetapi cara tersebut tidak membuahkan hasil.Pada beberapa tulisan yang saya baca di google juga menyebutkan bahwa mungkin terdapat malware dilaptop saya, dan disarankan untuk memindai virus menggunakan aplikasi antivirus. Pertama saya memindai virus menggunakan aplikasi bawaan yaitu windows defender yang menyebutkan 1 threats telah ditemukan. Setelah proses scanning selesai, laptop saya tidak mengalami perubahan. Setelah itu saya mencoba aplikasi Avast antivirus dan Malwarebytes, kedua aplikasi tersebut juga tidak membuahkan hasil. Akhirnya saya memutuskan untuk membawa laptop saya ke servis laptop. Pegawai servis laptop mengatakan bahwa laptop saya terkena virus trojan dan disarankan untuk instal ulang saja. Setelah instal ulang, laptop saya kembali berjalan dengan lancar tetapi beberapa file berharga saya hilang.

Setelah mengalami pengalaman ini, saya berpesan kepada para pembaca untuk berhati-hati dalam menggunakan internet. Jangan sembarangan mengunduh file yang tidak diketahui keamanannya. Unduh dan belilah aplikasi maupun game original agar anda dapat menggunakannya dengan aman, nyaman dan pastinya tidak illegal. Terimakasih...

Kirim Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :